tipe-tipe mur pada umumnya / Macam macam mur (nut)

resiltools.com

Macam macam  mur (nut)

Baut tidak akan bisa berfungsi tanpa adanya mur.Mur berfungsi sebagai pengunci.

Mur memiliki berbagai tipe yang berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan bentuk mur dan penggunaannya.

Tipe-tipe mur pada umumnya adalah :

Mur segi enam (hexagonal nut)

Pada mur tipe ini memiliki bentuk segi enam dan mur tipe ini yang paling banyak atau paling umum digunakan.

Beberapa mur tipe hexagonal ada yang dilengkapi dengan flange (plat) pada bagian bawah. Flange pada mur ini berfungsi sama seperti mur yang menggunakan washer.

Mur bertopi (capped nut)

Mur tipe ini memiliki tutup untuk melindungi ulirnya. Pada bagian atas mur ini memiliki tutup bundar (dome) tanpa adanya lubang pada tutupnya.

Pada bagian bawah tutup dome terdapat enam sisi rata yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan mur.

Saat melakukan pengencangan, mur tipe ini hanya dapat diputar sampai ujung baut telah menyentuh bagian tutup dome. Oleh sebab itu, panjang baut yang dipasangkan pada mur tipe ini harus memiliki ukuran yang pendek (tidak terlalu panjang) agar dapat dikencangkan dengan maksimal.

Wing nut

Pada mur tipe ini, pada bagian badan mur memiliki dua buah sayap pada kedua sisi berlawanan.

Kedua sayap disisi mur ini memiliki ukuran yang cukup besar karena untuk mengencangkan dan mengendorkan mur tipe ini menggunakan kedua sisi sayap tersebut.

Tipe wing nut ini digunakan pada pemakaian sambungan yang tidak mementingkan momen (torque) dalam pengencangannya karena pada umumnya mur tipe ini hanya dikencangkan atau dikendorkan menggunakan jari tangan sehingga tenaga (momen) pengencangannya hanya sebatas kekuatan tangan saja

.

Castle nut (mur berbentuk benteng)

Castle nut ini bentuknya seperti benteng atau mahkota. Mur tipe ini merupakan tipe mur yang dilengkapi dengan mekanisme penguncian.

Kapala mur dibuat seperti benteng ini bertujuan untuk tempat penguncian dengan meletakkan cotter pin di dalam celah agar mur tidak berputar atau tidak berubah posisinya sehingga mur tidak akan menjadi longgar.

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

admin kami siap membantu anda.