Jenis baut yang dalam bidang otomotif dan konstruksi

resiltools.com

Jenis baut yang dalam bidang otomotif dan konstruksi

Setelah kita tahu fungsi mur baut pada mesin otomotif dan juga kontruksi banguanan selanjutnay kita akan ketahui jenis mur bautnya.

Mari kita bahas satu persatu jenis baut dan mur yang biasa digunakan dalam mesin maupun konstruksi bangunan.

 Jenis baut yang pertama adalah carriage bolts.

Jenis baut yang pertama ini lebih banyak digunakan untuk menyambungkan komponen yang berasal dari kayu. 

Carriage bolts memiliki bentuk kubah pada bagian kepalanya. Dan pada bagian leher berbentuk persegi empat. Bentuk persegi pada bagian leher memiliki fungsi untuk membuat sambungan semakin erat. Sistem kerjanya adalah menekan masuk pada bagian kayu ketika dipasang.

Jenis baut yang selanjutnya adalah square head bolts.

Baut ini menjadi salah satu jenis baut yang sangat digemari. Square head bolts memiliki bentuk segi empat pada bagian kepalanya dan umumnya digunakan pada jenis konstruksi berat. Penggunaan baut ini memang dikhususkan dalam bidang konstruksi. 

Flange Bolts adalah jenis baut yang pada bagian bawahnya terdapat flens atau bubungan. Bubungan pada flange bolts sengaja didesain dengan tujuan untuk memberikan kekuatan lebih pada baut. Kekuatan pada baut diharapakan seperti menggunakan washer. 

Material yang terdapat dalam baut ini sangatlah beragam, dari mulai besi biasa sampai baja hitam.

Hex bolts adalah jenis baut yang biasa digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan perbaikan. Salah satu ciri yang paling umum dari baut ini adalah bentuk kepalanya yang hexagonal atau segi enam. Hex bolts bisa terbuat dari beberapa jenis bahan baku diantarnya adalah carbon steel, stainless steel dan alloy steel. 

Untuk menghindari terjadinya korosi baut ini biasanya dilapisi dengan seng plating atau kadium. Anda dapat memilih Hex bolts dengan bahan tertentu sesuai dengan tujuan penggunaannya. Baut berkepala segi enam bisa digunakan dalam bidang otomotif maupun konstruksi. 

Baut juga dapat dibedakan berdasarkan jenis thread yang digunakan. Thread merupakan gerutan yang ada bagian bawah baut atau biasa disebut sebagai ulir. Baut yang memiiki thread penuh pada bagian kakinya disebut baut full thread. Sedangkan baut yang hanya memiliki separuh thread pada bagian bawahnya disebut part thread.

Di atas sudah dibahas bahwa baut dan mur merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Setelah membahas macam-macam baut yang sering digunakan, kita juga akan membahas macam-macam mur yang digunakan sebagai pelengkap baut.

 Jenis mur yang paling sering digunakan adalah mur segi enam. 

Mungkin Anda juga sering sekali menemui jenis baut ini baik di kendaraan bermotor maupun konstruksi bangunan. Mur segi enam memang merupakan jenis mur yang bisa digunakan untuk semua kebutuhan industri. Mur segi enam memiliki bentuk hexagonal pada sisi bagian luar dan lingkaran utuh pada bagian dalamnya. 

Castellated nut adalah jenis mur yang memiliki bentuk seperti mahkota pada bagian kepalanya. Jenis mur ini dilengkapi dengan mekanisme penguncian yang paten. Bentuk kepala yang seperti mahkota ini memiliki fungsi untuk mengunci mur pada posisi yang ditentukan. 

Jenis mur lainnya yang juga sering digunakan adalah adalah lock nut atau mur pengunci. Bentuknya lebih tipis dibandingkan jenis mur lainnya. Mur ini sebenarnya digunakan sebagai pelengkap jenis mur yang sudah lebih dulu dipasang sebelumnya. 

Lock nut dipasang dibawah mur utama yang memiliki tugas sebagai pengunci untuk semakin memperkuat sambungan.

Anda dapat memilih berbagai jenis baut dan mur yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan. Penggunaan baut yang tidak sesuai akan menyebabkan tidak kuatnya konstruksi yang dibuat. 

Penggunaan baut untuk kebutuhan industri otomotif juga harus sesuai, karena jika tidak hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Baut dan mur akan membuat kerangka mesin menjadi semakin kuat. 

Jika digunakan dalam konstruksi bangunan penggunaan akan membuat konstruksi semakin kokoh. Baik konstruksi bangunan yang berasal dari kayu maupun baja, keduanya dapat menggunakan baut sebagai pengait. 

​Pahami betul jenis baut dan mur yang seharusnya digunakan agar memberikan efek lekat yang maksimal serta tahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah itu tadi jenis mur baut yang digunakan pada otomotip dan kontruksi bangunan.semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Silahkan chat wa kami di 085710032801 / https://wa.me/6285710032801 untuk pemesanan barang dengan admin khusus kami siap membantu anda

admin kami siap membantu anda.